Hukum & Kriminal
Kamis, 16 Februari 2017 - 18:00:48 | syarif-hidayat / Sorot Kebumen

Prihatin Banyak Pengendara Tergelincir, Berikut Tips Melintasi Rel Kereta Api
Prihatin Banyak Pengendara Tergelincir, Berikut Tips Melintasi Rel Kereta Api
Ilustrasi pengendara tips pengendara bermotor saat melintasi rel kereta api.

Kebumen,(sorotkebumen.com)--Banyaknya pengendara sepeda motor yang terjatuh saat melintasi rel kereta api membuat jajaran Satlantas Polres Kebumen turut prihatin. Guna meminimalisir hal itu terulang, Satlantas Polres Kebumen membeberkan tips berkendara agar tidak tergelincir saat melintasi rel.

Menurut Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Aditya Mulya Ramdani, tergelincirnya pengendara bermotor yang melewati lintasan kereta api sering terjadi di perlintasan kereta api yang ada di empat titik.

"Banyak pengendara bermotor yang tergelincir di jalur perlintasan kereta api Karanganyar, Selang, Kebumen dan perlintasan kereta api Kutowinangun,” terang Aditya, Kamis (16/02/2017).

Ada banyak penyebab kendaraan tergelincir. Beberapa diantaranya yakni kondisi jalan aspal dan rel kereta api yang basah menjadi faktor jatuhnya para pengendara bermotor terjatuh khususnya jenis matic.

Selain itu, aspal jalan yang berlubang di bagian sisi jalur kereta menyebabkan rel menjadi lebih tinggi ditambah tidak sejajarnya sudut persimpangan antara jalan dengan rel kereta membuat ban sepeda motor mudah tergelincir.

Aditya membeberkan, ada sejumlah cara saat melintas rel kereta api. Pertama diupayakan roda motor tegak lurus (memotong) lintasan kereta. Keduan kurangi kecepatan dan siapkan kedua kaki untuk berjaga-jaga ketika roda motor terasa selip.

“Dan bila memungkinkan segera ganti ban motor yang sudah mulai tipis atau gundul. Karena ini musim penghujan, ban yang sudah gundul sangat berpotensi menyebabkan selip atau tergelincir,” paparnya.

Aditya menambahkan, selain itu, yang perlu dicermati oleh para pengendara bermotor ialah tekanan angin dan ukuran ban motor. "Gunakan ban motor yang standar dan jangan lupa isi tekanan angin ban yang pas sesuai spesifikasi teknis yang dikeluarkan oleh pabrik,” imbuhnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS